Selasa, 15 Februari 2011

Cara Mandiri Menemukan Jati Diri ?

Cara Mandiri Menemukan Jati Diri ?

oleh Kaka's Generasi Muda pada 03 Februari 2011 jam 23:12
"Darah muda, darahnya para remaja... Yang slalu merasa gagah, tak pernah mau mengalah", by Hj. Rhoma Irama.

Darah muda, hahaha, keren. Pemuda/remaja sejatinya adalah sosok insan yang bermental baja. Why why ? Karena di masa2 inilah seorang insan harus belajar dari kesalahan, kesusahan, dan kekecewaan. Sepanjang masa transisi dari anak2 menuju dewasa, inilah masa yg paling menentukan. Masa2 dimana seorang remaja harus menempuh hidup dengan cara mencari jati dirinya. Tidak mudah, seseorang remaja harus mencarinya sendiri tanpa bantuan pihak lain. Ia harus mampu menentukan mana yg terbaik buatnya dan hidupnya, bukan orang lain yg menentukannya.

Apa kalian sudah menemukan jati diri kalian ?
Jati diri tidak hanya dilihat dari sifat, sikap, ataupun status. Tetapi jati diri yg sebenarnya berarti luas dalam segi kehidupan, seperti : cara berpakaian, berbicara, kesukaan, minat, hobby, kebiasaan, bahkan dapat melalui aktivitas. Tapi sebagian besar dari remaja belum tahu tentang jati dirinya.
Oke, berikut cara mandiri untuk mencari jati diri di masa remaja :
1. Tentukan sesuai dengan kebutuhanmu, misalnya kamu remaja yg tidak percaya diri maka kamu menggunakan topi agar nyaman bila di lingkungan sosial.
2. Tentukan sesuai dengan hidup/duniamu, misalnya seorang anak broken home, ia menjadi sosok remaja yg penuh kebebasan dan selalu mencari kesenangan utk menghindari depresinya.
3. Tentukan sesuai dengan kebutuhan pihak lain, misalnya, keluargamu melarang kamu bergaul, maka akan terbentuk didirimu menjadi sosok pribadi yg kuper(kurang pergaulan)
4. Dll.

Nah, yg paling penting bagi remaja adalah berfikir positif agar kelak dapat dengan mudah menemukan jati dirinya yg positif/baik. Dan jangan lupa juga untuk menyaring segala pengaruh yg dapat ditularkan dari pihak lain. Jangan sampai pengaruh negatif masuk meracuni jati diri anda.

Terima kasih

Ditulis oleh : Eka Setiawan

0 komentar: